Rolan Sihombing Dan Beranda Mimpinya

Memimpikan Esok Yang Lebih Baik Daripada Hari Ini…

I Have Decided To Follow Jesus: My 18th Anniversary With Christ

leave a comment »

Ternyata hari ini adalah ulangtahun saya. Tentu bukan ulangtahun kelahiran saya karena itu jatuh pada bulan September; tetapi ulangtahun pendedikasian hidup saya untuk melayani Tuhan. Keputusan yang terkadang sangatlah mahal harganya, karena secara kedagingan banyak hal yang sering saya sesali; tetapi pada sisi yang lain  keputusan tersebut adalah salah satu keputusan terbaik yang pernah saya ambil.

Mengapa mahal harganya? Karena saya mengorbankan banyak waktu untuk keluarga; setidaknya sebuah angin ribut dalam keluarga yang mahadasyat dan merubah alur kehidupan mungkin saja tidak akan terjadi.

Mahal harganya karena saya harus mengubur keinginan dalam-dalam untuk memiliki karir impian ataupun harta melimpah. Ditambah ketika reunian dengan teman-teman SMP ataupun SMU, kondisi keuangan saya tidaklah bisa dibandingkan dengan mereka. Bahkan seorang teman sedang mencalonkan diri menjadi anggota dewan dan ketika bertemu dengannya minggu lalu, sahabat saya itu ingin membeli rumah yang harganya cukup mahal dengan uang tunai.

Mahal harganya ketika komitmen saya melayani harus dihadapkan dengan pelbagai  kesulitan dan deraian airmata. Siapa yang tidak hancur hatinya ketika adik kelas menyebut saya pemimpin taik (maafkan kata-kata vulgar saya). Atau ketika seorang tokoh yang saya kagumi mempersilahkan saya untuk mendirikan gereja setan; sesuatu yang tidak mungkin akan saya lakukan walaupun otak saya penuh dengan kegelapan paling gelap sekalipun.

Karena sebenarnya para pembaca yang budiman, keputusan 18 tahun yang ternyata jika dilihat dari perspektif kekinian dan keakanan adalah keputusan terbaik yang pernah saya ambil dalam hidup saya.

Mengapa terbaik?

Karena ketika menangis dalam masa-masa keputusasaan, tanpa sepeser uang di dompet, menahan lapar selama 3 hari 3 malam, dan berteriak sambil menangis dalam hati dari atas angkot kepada calon penumpang yang berdiri di tepi jalan, saya dapat lebih bijaksana dalam mengambil keputusan dalam pekerjaan saya. Saya bisa turut menangis bersama seorang staf yang kesulitan membayar utang ongkos rumah sakit akibat anak dan istrinya terkena musibah penyakit pada saat yang bersamaan. Dengan otoritas yang saya miliki, saya menandatangani permohonan yang bersangkutan untuk meminjam uang kantor dan bersedia 10 persen gajinya dipotong setiap bulannya selama satu tahun.

Saya yakin kalau saya tidak pernah menangis tanpa suara di dalam kamar kost di Pekanbaru, saya pasti kurang sensitif dan kurang berbelaskasihan dalam mengambil keputusan atas hidup seseorang. Jika hidup saya enak-enak saja dan penuh kenyamanan, mungkin saya akan menjadi orang bermulut paling nyinyir yang gemar sembarangan bicara tanpa mempedulikan perasaan lawan bicaranya.

Alasan lain kenapa keputusan 18 tahun yang silam adalah yang terbaik karena saat ini saya bisa melayani Pribadi yang tidak pernah menatap saya dengan tatapan penghakiman. Saya bisa memberi semangat untuk orang-orang yang patah hati dan rendah diri, karena Dia yang mencintai saya tanpa batas tidak pernah menilai seseorang dari kulit luarnya.

MelayaniNya ternyata tidak melulu hanya bisa dilakukan di atas mimbar gereja ataupun di dalam gereja. MelayaniNya bisa saya lakukan sembari saya menumpang ojek dan mendengarkan cerita yang bersangkutan yang berpikir untuk mengakhiri hidupnya karena istri dan anaknya lari meninggalkan dirinya.

Ini tahun ke 18 saya dalam pekerjaanNya. Dan 18 tahun ini adalah masa-masa yang menyenangkan. Karena pengabdian saya bukan untuk kepentingan saya tetapi untuk kepentingan dunia yang lebih luas dan lebar. Saya percaya Dia adalah Pribadi yang bertanggung jawab atas seluruh kehidupan saya. Tepat pada waktu yang terbaik, satu persatu rencanaNya akan digenapi.

Seperti lagu ini:

I have decided to follow Jesus
I have decided to follow Jesus
I have decided to follow Jesus
No turning back, no turning back.

tak sekalipun saya menyesal mengiring Kanjeng Gusti Yesus.

Happy birthday to myself!

Written by Rolan Sihombing

March 10, 2014 at 8:01 pm

Leave a Reply

