Rolan Sihombing Dan Beranda Mimpinya

Memimpikan Esok Yang Lebih Baik Daripada Hari Ini…

Takut Itu Manusiawi

leave a comment »

Seminggu sebelum Ayah saya meninggal, beliau memanggil saya dan kami pun menghabiskan sore itu dengan berbicara. Saya bersyukur meski Ayah saya sangatlah Tapanuli, tetapi beliau tidak pernah membangun tembok tinggi sehingga anak laki-laki satu-satunya ini sulit memiliki waktu untuk berbicara dan berkomunikasi dengannya.

Saya ingat saat itu roman mukanya seperti menyiratkan bahwa hari itu adalah hari terakhir kami berbicara. Dari sekian banyak pesan terakhirnya, salah satunya berisi seperti ini:

“Kamu harus kuat dalam setiap kesulitan yang kelak kamu akan hadapi Amang. Takut ataupun menangis ketika kesulitan bertubi-tubi menghampirimu itu wajar, tapi ingatlah jangan sekali-kali kamu menyerah. Karena pada akhirnya ketika kamu tetap bertahan, semua yang sudah terjadi akan menjadi pelajaran berharga yang mendatangkan manfaat untuk kamu dan orang-orang yang kamu cintai.”

Ketika saya mengetikkan satu persatu huruf-huruf lewat tulisan, sejujurnya saya sedang merasakan sebuah kegentaran yang sangat besar. Karena esok adalah hari yang sangat menentukan. Bahkan saya beberapa kali membisikkan dalam hati agar semuanya segera berlalu tanpa harus menghadapi tekanan psikis yang menegangkan ini.

Lalu tiba-tiba nasehat terakhir Ayah begitu hidup. Semua kisah perjuangan hidup beliau yang pernah diceritakan kepada saya pun berubah menjadi seperti film pendek dalam benak saya. Dan sebuah kalimat yang diucapkan Daud dalam Mazmur 37:25, “Dahulu aku muda, sekarang telah menjadi tua, tetapi tidak pernah kulihat orang benar ditinggalkan,   atau anak cucunya meminta-minta   roti,” menjadi hidup dan membangkitkan keberanian saya untuk menghadapi esok.

Ditambah dengan kata-kata penyemangat dari seseorang yang sangat saya cintai, maka esok akan berakhir dengan baik, karena Tuhan senantiasa baik.

Written by Rolan Sihombing

November 14, 2013 at 2:25 pm

Leave a Reply

