Rolan Sihombing Dan Beranda Mimpinya

Memimpikan Esok Yang Lebih Baik Daripada Hari Ini…

36 Fakta Tentang Mantan Pacar

with one comment

Salah satu yang saya warisi dari kehidupan yang fana ini adalah MANTAN PACAR! Suka atau tidak suka, setiap orang dalam siklus hidupnya pasti bertemu seseorang, jatuh cinta pada pandangan, sentuhan, ciuman, ataupun perkelahian pertama. Suka atau tidak suka, hubungan yang tadinya didoakan siang dan malam, disemai dengan pelbagai rayuan gombal dan janji-janji yang kemanisan, plus diwarnai bumbu-bumbu pertengkaran yang tidak perlu dan membuat frustrasi, pada akhirnya akan berakhir. Beberapa orang ketika mendapati hubungan cintanya berakhir, menangis seperti bayi yang baru lahir dan kehausan minta ASI. Ada juga yang mendadak tertawa sendiri-sendiri. Ada juga yang badannya mendadak bengkak secara berlipat kali ganda. Ada yang mudah moved on, tetapi ada pula yang sukar bergeming dari bayangan mantan.

Intinya, memiliki mantan adalah sebuah proses hidup yang lumrah wajar sewajar-wajarnya. Yang tidak wajar adalah respon kita terhadap fase hidup itu. Di usia yang menjelang 36 ini, saya dengan jujur dan kegetiran mengakui hanya memiliki sedikit mantan. Berikut detilnya “korban” saya (mohon percaya saya bahwa mereka semua adalah wanita dan bukan pria):

  • 2 mantan yang menjadi sahabat hingga detik ini.
  • 2 mantan yang malas saya hubungi atau ingin ketahui kabarnya.
  • 1 mantan yang yang seharusnya tidak ada karena berada pada waktu dan situasi kejiwaan yang salah.
  • 4 cinta terpendam yang tidak pernah menjadi hubungan yang serius.

Dari kisah sejenak dengan mereka, baik yang berakhir baik-baik ataupun karena konflik tak berujung, saya menarik beberapa pelajaran berharga dalam hidup. Sebagian dari mereka bahkan sangat membentuk kehidupan saya. Sebagian dari mereka pun meninggalkan pelbagai kenangan yang seringkali menjadi inspirasi dalam tulisan, puisi, dan lagu. Dan tulisan “36 Fakta Tentang Mantan Pacar” saya dedikasikan kepada para mantan, di mana pun kamu semua berada. 

  1. Mantan menyebabkan peningkatan frekuensi kunjungan ke wartel. Karena saya angkatan pertengahan 90-an dimana saat itu ponsel masih berkategori barang mewah, maka wartel adalah andalan untuk melepas rindu dan mendengar suara mantan. Budget yang harus disediakan untuk menelepon selama 1 jam adalah tiga ribu rupiah kala itu.
  2. Mantan menyebabkan peningkatan bobot berat badan. Bagaimana tidak tambah gemuk jika pacarannya dilakukan di kedai donat, ataupun restoran cepat saji?
  3. Mantan menyebabkan peningkatan wawasan dan ilmu pengetahuan. Karena saya ingin membuktikan kepada mantan calon ayah mertua kalau saya adalah pria yang layak untuk putrinya, maka saya dengan sengaja membaca banyak buku yang tidak kena-mengena dengan disiplin ilmu yang saya ambil. Tetapi ini adalah salah satu dampak positif mantan yang sangat saya syukuri. Terbukti sekarang, semua buku yang sudah saya baca satu dekade yang silam, menjadi modal dan aset saya untuk berkarya saat ini.
  4. Mantan menyebabkan peningkatan frekuensi kunjungan ke ruangan dekan dan rektor. Ini juga menjadi penyebab salah satu cacat karakter saya saat ini. Saya sangat PARNO jika dipanggil menghadap ke ruangan atasan karena saya selalu beranggapan pasti ada kesalahan lagi yang saya buat. Terima kasih Pak Dekan dan Pak Rektor! Grrrr!
  5. Mantan menyebabkan peningkatan kecerdasan spasial. Saya adalah orang yang sangat buruk dalam mengingat jalan, tetapi bersama salah seorang mantan, bisa dikatakan hampir sebagian jalan-jalan dan gang-gang sempit di Bandung saya tahu.
  6. Mantan menyebabkan luasnya wawasan pustaka kuliner di Bandung. Karena pacarannya cuma di tempat makan, maka mau tidak mau saya dan mantan harus sibuk mengubek-ngubek tempat makan dan tempat nongkrong di Bandung.
  7. Mantan menyebabkan saya bisa menulis naskah cerita. Menghabiskan waktu berjam-jam mengobrol ngalor ngidul, dan kadang-kadang mempergunjingkan orang, menyebabkan kemampuan terpendam saya dalam menulis naskah cerita menjadi muncul. Sayangnya akhir-akhir ini kemampuan saya dalam menulis naskah cerita semakin menurun. Sayang sekali!
  8. Mantan menyebabkan harga diri turun drastis! Ada mantan yang membuat kita bersinar, tetapi ada juga mantan yang membuat kita melempem. Sial!
  9. Mantan menyebabkan almarhum Opung Boru tertawa ngakak karena mendengar lagu pertama yang saya ciptakan pada saat kelas 1 SMP.
  10. Mantan meningkatkan kreatifitas dalam penulisan surat cinta. Segepok surat cinta dari salah seorang mantan, masih disimpan rapi di lemari buku saya di rumah. Acapkali saya senyum-senyum sendiri kala membacanya lagi.
  11. Mantan membuat saya jadi bahan tertawaan karena batal menikah! Sial!
  12. Mantan membuat saya sempat mendadak kurus karena sibuk diet dan olahraga. Dan sekarang naik lagi! Sial!
  13. Mantan membuat saya dijauhi teman-teman dekat karena mereka menyesali keputusan saya jadian dengannya. 
  14. Mantan adalah penyebab otak berpikir terlalu keras setiap kali dia berulangtahun, dan harus memberinya kejutan ataupun sekedar merayakan ulangtahunnya.
  15. Mantan menyebabkan keterampilan mengemudi saya hampir menyamai supir Mikrolet. Segala arahan, dan gerutuannya di tengah kemacetan membuat saya semakin mirip seperti supir angkot ketimbang Pendeta!
  16. Mantan adalah konsultan gadget terbaik. Puji Tuhan, salah seorang mantan saya adalah gadget freak sejati!
  17. Mantan adalah kamus obat-obatan berjalan. Syukur saya haturkan kepada Tuhan, karena pernah punya mantan seorang Apoteker. Keuntungannya bisa konsultasi mengenai obat-obatan kapan pun di mana pun.
  18. Mantan penyebab otot pipi bergerak dan tersenyum tiba-tiba ketika membaca SMS ataupun pesan chatnya.
  19. Mantan membuat saya CADEL! Momen tak terlupakan ketika suatu kali kami membeli sesuatu di warung, dan ternyata encik-encik penjaga tokonya adalah wanita cadel super akut yang sulit mengucapkan seribu sebagaimana mestinya. Waktu encik-encik itu menyebut, “Celibu” alhasil pecahlah tawa kami berdua.
  20. Mantan memiliki kemampuan membaca pikiran sehingga sulit sekali membohongi mantan. Mungkin dia sempat mengenyam pendidikan di Akademi Mutan, sehingga setiap kali selalu mengatakan, “Ah boong lu!”
  21. Mantan adalah guru hidup dan pemberi masukan yang baik. Beberapa kali meski pedas, pendapatnya selalu berharga.
  22. Mantan penyebab saya mengurangi minum kopi hitam yang kental. Suatu malam saya roboh dan sempat pingsan hampir 1 menit, dan mantan adalah suara yang berteriak-teriak memarah-marahi saya karena kebiasaan buruk saya bergadang dan meneguk kopi hitam yang kental.
  23. Mantan membangkitkan kegemaran saya merangkai nama anak dan nama tokoh cerita. 
  24. Mantan adalah orang yang mengerti betapa membosankan dan mudah ditebaknya jalan pikiran saya. 
  25. Mantan adalah duri di dalam daging yang membuat saya belajar untuk tidak menyerahkan hati dan pikiran kepada orang yang salah lagi. Walaupun kemudian saya melakukan kesalahan yang sama lagi: Mencintai orang yang salah!
  26. Mantan adalah penyebab mogok bicara di hari yang sama dengan hari pernikahannya.
  27. Mantan adalah orang yang didoakan agar semua bahagia menghampiri hidupnya karena dia milik Tuhan sepenuhnya, dan hanya Penciptanya yang tahu apa-apa yang terbaik untuk dirinya.
  28. Mantan adalah sahabat terbaik.
  29. Mantan adalah teman diskusi terbaik mengenai apapun.
  30. Mantan yang baik itu adalah mereka yang bisa membuat Ibumu selalu membicarakannya bahkan ketika dia sudah pergi.
  31. Mantan adalah pribadi yang unik yang harus disyukuri, baik atau buruknya mereka. Mereka hadir untuk sebuah purpose, entah itu untuk membawa sukacita atau merampas sukacita.
  32. Mantan kadang-kadang menjadi referensi atau standar dalam mencoba kembali berhubungan dengan orang yang baru.
  33. Mantan menyebabkan saya jadi tahu sinetron Cinta Fitri, dan itu semakin membuat saya jengkel dengan tayangan TV di Indonesia. 
  34. Mantan yang tak terlupakan adalah mereka yang selalu hadir di setiap lagu yang didengarkan.
  35. Mantan yang baik adalah orang yang hadir di RS dan mendoakan detik-detik menjelang operasi Total Hip Replacement 3 tahun yang lalu.
  36. Ulangtahun mantan terindah selalu diingat. Selamat ulangtahun yang ke 30, mantan!

Written by Rolan Sihombing

September 5, 2013 at 10:58 am

One Response

Subscribe to comments with RSS.

  1. hahahhaa…. keren lae…

    Ayub

    September 5, 2013 at 11:07 am


Leave a Reply

