Rolan Sihombing Dan Beranda Mimpinya

Memimpikan Esok Yang Lebih Baik Daripada Hari Ini…

Rencana 30 Hari

leave a comment »

Setiap orang pasti menginginkan sebuah perubahan yang lebih baik terjadi dalam hidupnya. Pekerjaan yang lebih baik. Rumah milik sendiri, dan bukannya mengontrak. Bisnis baru. Omset usaha yang lebih besar. Nilai investasi yang semakin naik. Tubuh yang lebih ideal. Saya bisa menuliskan di sini ratusan bahkan ribuan perubahan yang lebih baik yang mungkin saja saat ini diinginkan para pembaca.

Intinya, siapa sih yang tidak ingin menjadi lebih baik setiap hari? Semua orang pasti menginginkan itu. 

Contoh sederhana yang sudah terapkan selama nyaris satu bulan ini. Begitu saya menjejakkan kaki pertama kali di kota Ruteng, saya mendapati bahwa kota ini sangat teramat kecil. Dengan membayar seorang tukang ojek sebesar 20 ribu rupiah, saya bisa mengelilingi setiap sudut kota Ruteng. Dan setelah perjalanan “survey” kecil-kecilan dengan tukang ojek itu, saya bisa melihat bahwa saya cukup berjalan kaki dari tempat tinggal ke kantor, bahkan ke tempat-tempat tertentu yang sekiranya akan sering saya kunjungi seperti ATM, Supermarket, warung makan, kantor pos, dan tempat laundry (memang 5 tempat itu saja yang menurut saya bisa ditempuh dengan berjalan kaki).

Keesokan harinya saat pertama masuk kantor, saya memutuskan untuk memulai sebuah komitmen kecil yang harapannya akan membawa sebuah perubahan dalam hidup saya di masa yang akan datang. Komitmen itu adalah berjalan kaki sepulang dari kantor menuju rumah.

Tiga hari pertama setelah komitmen itu dilaksanakan, paha dan betis saya langsung pegal. Beberapa malam saya harus terbangun karena tiba-tiba betis saya keram. Tetapi setelah seminggu, otot-otot kaki saya pun mulai terbiasa. Dan sampai hari ini, saya sudah nyaris menyelesaikan target 10.000 langkah kaki dalam sebulan. Yipppiiiieee.

Lantas apakah berat badan saya turun sekarang? Sayangnya tidak. Sepertinya diperlukan usaha yang lebih keras untuk mengusir lemak-lemak jahanam yang menggantung di perut saya ini. Tetapi manfaat yang sangat terasa dari berjalan kaki nyaris 10.000 langkah ini adalah saya bisa mendengar detak jantung saya sendiri setiap kali saya tidur. Sesuatu yang sangat jarang saya dengar ketika saya masih malas dan enggan berjalan kaki dan hidup sehat.

Selain itu, saya bisa tidur lebih cepat sekarang dan bangun tepat waktu. Sedangkan dulu seringkali saya mengalami insomnia dan sulit bangun di pagi hari (tapi sulit bangun nampaknya karena memang saya malas bangun sih sepertinya). Intinya saya merasa sangat sehat sekarang. Badan lebih terasa enteng ketika berjalan dari hari ke hari.

Buat rencana yang simpel dalam 30 hari ke depan dalam hidup Anda. Misalnya:

  1. Menulis blog setiap hari.
  2. Mulai nge-gym secara teratur.
  3. Menyisihkan uang 5 ribu rupiah setiap hari.
  4. Mengurangi 5 batang rokok setiap hari.
  5. Membaca minimal 1 buku dalam 30 hari.
  6. Berolahraga selama 30 menit setiap hari.
  7. Mengucapkan selamat pagi kepada minimal 10 orang di kantor setiap pagi.
  8. Menulis 1000 kata selama 30 hari.
  9. dan lain-lain.

Jika itu dilakukan, Anda akan takjub dengan hasilnya di akhir bulan. Rekening tabungan yang lebih gemuk, tubuh yang lebih langsing, jantung yang lebih sehat, reputasi yang lebih baik, skripsi yang selesai, bahkan sebuah novel berisikan 30.000 kata.

Luar biasa bukan?

Ada peribahasa yang seringkali kita dengar sewaktu SD: Sedikit-sedikit lambat laun menjadi bukit. Sedikit perbuatan kecil yang kita lakukan setiap hari dengan penuh komitmen, maka lambat laun akan menghasilkan sebuah perubahan yang besar.

Setelah 10.000 langkah selama sebulan, apa lagi ya rencana kecil yang akan saya lakukan? Ada usul?

Salam perubahan.

-Ruteng, 28 Agustus 2012-

Written by Rolan Sihombing

August 28, 2012 at 4:26 pm

Leave a Reply

