Rolan Sihombing Dan Beranda Mimpinya

Memimpikan Esok Yang Lebih Baik Daripada Hari Ini…

Indonesia (Belum) Merdeka

leave a comment »

6 hari lagi kita akan memperingati kemerdekaan Indonesia yang ke 67 tahun. Pelbagai sudut sudah semarak dihiasi oleh umbul-umbul merah putih. Tiang-tiang bendera di perkantoran, sekolah, dan juga rumah-rumah warga pun sudah berkibar Sang Saka Merah Putih.

Begitu juga di Ruteng, ibukota kabupaten Manggarai Tengah. Sebuah kota kecil yang berada di atas awan, karena dikelilingi gunung-gunung yang tinggi menjulang dan diselimuti kabut tebal setiap sore. Nyaris di tiap sudut rumah warga dan kantor-kantor instansi pemerintah, Sang Dwi Warna sudah anggun tegak berdiri.

Tetapi benarkah Indonesia tercinta sudah merdeka?

Tidak untuk petani miskin di desa terpencil di Rahong Utara yang kesulitan menjual hasil pertaniannya yang tidak seberapa.

Tidak juga untuk seorang ibu pemilik kedai makan kecil di Ruteng yang akan mengalami sepinya pelanggan datang ke tokonya setiap Januari hingga akhir April. Karena bulan-bulan itu adalah bulan di mana hujan nyaris turun setiap hari, dan banyak petani akan mengalami gagal panen.

Tidak untuk anak-anak di kabupaten Manggarai yang masih mendapatkan kekerasan di sekolah dan di rumah karena rendahnya pengetahuan dari guru dan orang tua tentang pola mendisiplin tanpa kekerasan.

Tidak untuk anak-anak miskin dari desa-desa terpencil yang terpaksa mengikuti perintah orang tuanya untuk bekerja mengikuti para predator-predator yang akan menjual mereka sebagai buruh kasar, pembantu rumah tangga hingga pelacur cilik. Karena kemiskinan, perempuan-perempuan kecil ini merelakan masa kecilnya direnggut oleh para pria jahanam yang menganggap jika meniduri gadis cilik akan menambah kejantanannya.

Apakah kita tinggal diam saja?

67 tahun bangsa ini merdeka, dan seharusnya anak-anak bangsa bisa tersenyum lepas menikmati hidupnya sebagai orang bebas. Bebas mendapatkan pendidikan. Bebas dari hantu eksploitasi anak. Bebas dari kekerasan. Bebas dari kemiskinan.

Bebas tertawa lepas seperti mereka.

Dirgahayu Indonesiaku.

Written by Rolan Sihombing

August 11, 2012 at 7:30 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: