Rolan Sihombing Dan Beranda Mimpinya

Memimpikan Esok Yang Lebih Baik Daripada Hari Ini…

Surat Dari Yudas Iskariot

leave a comment »

Aku membenci dirinya.

Dulu kukira dia akan jadi raja,

dan aku akan jadi penasehatnya.

Tapi tak pernah kulihat dia berteman dengan pejabat.

Tak pernah kulihat dia berjalan dengan orang terhormat.

Tak pernah juga kulihat dia duduk satu meja dengan orang kaya. 

 

Temannya adalah orang miskin.

Perempuan pelacur.

Lintah darat.

Sampah masyarakat.

Orang yang berpenyakit.

Mereka semua yang tak berguna, temannya.

 

Dia berbicara dengan terlalu sederhana,

sehingga orang-orang awam pun terpesona akan perkataannya.

Dia tertawa keras-keras dengan orang yang penuh dosa,

sehingga aku sering jengah ketika berada dekatnya.

Wanita yang tertangkap basah berzinah,

pun tidak dihukumnya.

Justru dia menulis-nulis di tanah dengan jarinya.

Bah!!! Moralis kesiangan.

 

Aku membencinya, sungguh…

Hari ini kebencianku bertambah.

Aku bermaksud mengingatkannya jika uang makin berkurang,

dan akan lebih baik jika minyak wangi itu tak dipecah,

uangnya bisa memberi makan orang miskin sampai kenyang.

Tapi dia malah mengatakan kalau orang miskin selalu ada di dekatku,

dan dia tidak akan selamanya ada di sini.

 

Entah apa pula maksud perkataannya itu.

Seperti dia hendak meninggal saja.

Tapi yang dilakukan wanita itu pemborosan.

Bukankah lebih baik untuk anak yatim dan janda miskin,

walaupun mungkin lebih baik untuk keperluan murid-muridnya.

Kami pun punya keluarga yang harus dinafkahi,

tetapi selama ini uang yang ada diboroskan untuk sesuatu yang tak penting.

 

Hari ini karena aku sudah membencinya.

Kuputuskan menjebaknya.

Uang 30 keping perak yang dijanjikan,

cukup untuk simpanan hari tua.

 

Tapi aku kasihan padanya.

Seharusnya kalau dia lebih serius,

dia bisa jadi raja yang baik,

dan aku akan jadi penasehat terpercayanya.

 

Tapi sudahlah,

Aku terlanjur membencinya.

Selamat tinggal, Guru.

 

Dari Yudas, muridmu…

Written by Rolan Sihombing

July 3, 2012 at 2:28 pm

Posted in Puisi

Tagged with ,

Leave a Reply

